pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sejarah Perang di Suriah Dari Masa ke Masa

Jasmerah mencatat bahwa perang yang terjadi di negara Suriah saat ini bukanlah merupakan kejadian yang baru. Suriah saat ini banyak menyedot perhatian dunia dengan peperangan yang melibatkan munculnya kekuatan baru bertujuan membentuk kekhalifahan di wilayah Irak dan Suriah (ISIS : Islamic State of Iraq and Syria). Catatan sejarah menyebutkan Suriah telah berkali-kali menjadi ajang pertempuran dari yang kecil hingga pertempuran besar yang melibatkan kekuatan super power pada jamannya.
Korban sipil yang berjatuhan di Suriah
sumber : liputan6.com

Suriah merupakan salah satu negara tertua yang tercatat dalam peradaban manusia, dalam sejarahnya telah tercatat sejumlah peristiwa pertempuran yang melibatkan atau menjadikan Suriah sebagai ajang pertempuran :

Pada jaman Kekaisaran Romawi, terjadi pertempuran di Suriah antara pasukan Kekaisaran Romawi melawan Persia yang terjadi dua kali. Perang melibatkan tentara yang sangat besar, perang dimenangkan oleh Pasukan Kekaisaran Romawi sekali dan pasukan Persia menang pada pertempran lainnya.

Pada abad ketujuh terjadi pertempuran yang melibatkan pasukan muslim dibawah komando Khalid bin Walid dan Abu Ubaidilah yang merebut Suriah dari kekuasaan Kekaisara Romawi. Tanah Suriah menjadi saksi dari kemenangan pasukan muslim dan berhasil memaksa Pasukan Bizantium (Romawi Timur) pimpinan Heraklius untuk meninggalkan Suriah selama-lamanya.

Pada abad kesebelas, tanah Suriah menjadi medan pertempuran Perang Salib yang terjadi pada daerah yang luas mulai dari Palestina hingga Suriah, dari arah utara sepanjang Aleppo (Halap) hingga Damaskus-Palestina. Banyaknya korban pada perang tersebut hingga mencapai puluhan ribu orang.

Pada abad ketigabelas, datangnya Pasukan Tartar (Mongol) menjadikan Suriah sebagai medan pertempuran lagi. Puluhan ribu orang jatuh sebagai korban pertempuran sepanjang Baghdad (Irak) hingga Damaskus (Spanyol) . Hingga belasan tahun suasana di Suriah sangat mencekam.

Pada abad keempatbelas, pasukan keturunan Mongol menyerbu dan menguasai Suriah dengan menumpahkan puluhan ribu korban melayang.

Pada abad keenambelas, kekuatan Daulah Turki Utsmaniah berhasil menyapu bersih seluruh kekuatan dari Suriah hingga Mesir. Selama dalam kekuasaan Turki Utsmaniah, Suriah merasakan kedamaian hampir selama empat abad sampai kedatangan bangsa Eropa yang menjajah wilayah Timur Tengah.

Pada abad ke-21 saat ini Suriah menjadi ajang perang besar yang melibatkan banyak pihak yang berkepentingan. Ada blok barat yang mewakili kekuatan Amerika Serikat dan Eropa, blok Timur yang mewakili Rusia, Cina dan Iran serta Blok tengah yang terdiri dari Arab dan Turki.

Ada yang menyampaikan bahwa sudah manjadi ketetapan bahwa Suriah akan selalu menjadi saksi terjadinya peperangan yang melibatkan imperium besar. Bahkan pada akhir jaman nanti Suriah akan menjadi saksi kedatangan Nabi Isa As dan pertempurannya dengan Dajjal seperti yang termaktub pada berbagai riwayat.



0 Response to "Sejarah Perang di Suriah Dari Masa ke Masa"

Post a Comment

wdcfawqafwef