pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Peristiwa Konferensi Inter Indonesia

Peristiwa Konferensi Inter Indonesia merupakan suatu kegiatan yang mempertemukan antara negara Republik Indonesia dengan negara-negara boneka atau negara bagian yang dibentuk oleh Belanda. Konferensi Inter Indonesia jarang mendapat perhatian dari pemerhati sejarah karena gaungnya kurang dibandingkan konferensi yang melibatkan Indonesia dengan banyak negara.  Pelaksanaan konferensi Inter Indonesia ini untuk melakukan pendekatan dan koordinasi dengan negara-negara bagian dalam kaitannya dengan rencana Belanda untuk membentuk Republik Indonesia Serikat.

Dalam konferensi Inter Indonesia ini berusaha untuk mendapatkan kesamaan pandangan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia terutama dalam rangka menghadapi Belanda dalam Konferensi Meja Bundar (KMB). Dengan kata lain konferensi ini sebagai ajang pemanasan sebelum pelaksanaan KMB. Konferensi Inter Indonesia dilaksanakan setelah para pemimpin Republik Indonesia kembali ke Ibu Kota Yogyakarta. Konferensi dilakukan dalam dua tahap, tahap I dilakukan di Yogyakarta pada tanggal 19-22 Juli 1949 dengan dipimpin oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Sedangkan Konferensi Inter Indonesia II diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Juli – 2 Agustus 1949 dengan pimpinan ketua BFO Sultan Hamid.

Agenda utama yang dibicarakan dalam Konferensi Inter Indonesia difokuskan pada rencana pembentukan Republik Indonesia Serikat (RIS). Permasalahan yang dibahas antara lain masalah tata susunan dan hak Pemerintah RIS, serta kerja sama antara RIS dan Belanda dalam Perserikatan Uni. Isi konferensi atau hasil positif yang dihasilkan dan disepakati adalah :
  • Negara Indonesia Serikat disetujui dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS) berdasarkan demokrasi dan federalisme (serikat)
  • Selaku kepala negara adalah Presiden dengan dibantu oleh menteri-menteri.
  • RIS akan menerima penyerahan kedaulatan dari RI dan Belanda
  • Bendera kebangsaan RIS adalah Merah Putih
  • Lagu kebangsaan RIS adalah Indonesia Raya
  • Tanggal 17 Agustus ditetapkan sebagai hari nasional
  • Angkatan perang RIS adalah angkatan perang nasional, dan Presiden RIS adalah Panglima Tertinggi Angkatan Perang RIS, dan
  • Pembentukkan angkatan Perang RIS adalah semata-mata soal bangsa Indonesia sendiri. Angkatan Perang RIS akan dibentuk oleh Pemerintah RIS dengan inti dari TNI dan KNIL serta kesatuan-kesatuan Belanda lainnya.


Hasil dari konferensi Inter Indonesia ini menjadi bekal bagi delegasi Indonesia yang akan berunding dengan Belanda pada pelaksanaan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag.




1 Response to "Peristiwa Konferensi Inter Indonesia"

  1. W/A:::::::::::::::::::::::::+1 (779) 888-4915
    Tel:::::::::::::::::::::::::::+1 (779) 888-4915
    e_mail::::::::::::::::::::[aditya.aulia139@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

    ReplyDelete

wdcfawqafwef