pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Siapakah yang mencetuskan gagasan Konggres Pemuda 1928?

Jangan melupakan sejarah. Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.
 
Peserta Konggres Pemuda 2
Sebenarnya siapakah yang memiliki ide atau gagasan untuk mengadakan Konggres Pemuda yang akhirnya menelurkan Sumpah Pemuda. Tokoh-tokoh siapakah yang memunculkan gagasan tersebut?

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia adalah suatu wadah organisasi pemuda yang didirikan pada tahun 1926 oleh Raden Tumenggung Djaksodipoera bersama 5 kawannya (Soegondo, Soewirjo, Goelarso, Darwis, dan Abdoellah Sigit), dengan alamat Jl. Kramat No. 106 Weltevreden Batavia. Organisasi ini menirukan Indonesisch Vereniging (Perhimpoenan Indonesia) yang didirikan oleh Mohammad Hatta di Negeri Belanda tahun 1908. Awalnya PPPI dipimpin oleh Abdoellah Sigit, dan beranggotakan para mahasiswa (studenten) dari Rechts Hooge School/RHS - Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Batavia, School tot Opleiding voor Indische Artsen/STOVIA - Sekolah Kedokteran Jawa Batavia, dan juga yang berada di Bandung, Technichsche Hooge School/THS - Sekolah Tinggi Ilmu Tehnik Bandung.


Kemudian tahun 1927, Abdoellah Sigit menjabat Ketua Indonesische Club yang beralamat di Jl. Kramat No. 106 Batavia, dan Ketua PPPI diserahkan kepada Soegondo Djojopoespito, yang kemudian ia menggerakkan persatuan di antara organisasi pemuda yang ada, dan terlaksana dengan berlansungnya Kongres Pemuda II tahun 1928.


sumber : wikipedia

0 Response to "Siapakah yang mencetuskan gagasan Konggres Pemuda 1928?"

Post a Comment

wdcfawqafwef